12.09.2012

Periferal itu apa sih?

Hay, untuk post-an yang pertama diblog saya ini diawali dengan pelajaran tentang mengenal  periferal.
semoga menambah wawasan ya ;)
 






          Periferal adalah semua peralatan yang terhubung dengan komputer. 
 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjvqNBVwcxX-mrx2QfEf_-uh3TSB8xfZsHEB4qIN6GTCsPe-bLf3_aKEefR-l7cAG7zYbUasXmFzXMsoG_7BfCo1p6uW0_mTNeg10WMk4H72l_tpMY-ItSwD7hbAMIT9yg80QbBWsglUBPo/s1600/periferal+komputer.jpg

Berdasarkan kegunaanya periferal dibagi menjadi dua, yaitu:
  • Periferal utama (main peripheral), yaitu peralatan yang harus ada dalam mengoprasikan komputer. contohnya : monitor, keyboard, dan mouse.
  • Periferal pendukung (auxillary peripheral), yaitu peralatan yang tidak mesti ada dalam mengoperasikan komputer tetapi diperlukan untuk kegiatan tertentu. Contohnya : printer, scanner, modem, web cam, dan lain-lain.
 Berdasarkan proses kerjanya dalam mendukung pengoperasian komputer, periferal dibagi menjadi:

1.Input Device
      Input Device adalah alat yang digunnakan untuk menerima input dari luar sistem. Dapat berupa signal input atau maintenance input. Signal input berupa data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer. Dan maintenance input berupa program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan.

      Peralatan yang berfungsi sebagai alat input dapat dibedakan menjadi dua, yaitu alat input langsung dan tidak langsung. Alat input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemproses, sedangkan alat input tidak langsung melalui media tertentu sebelum input diproses oleh alat pemproses.

      Alat input langsung dapat berupa papan ketik (keyboard), pointing device (mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet), scanner (magnetic ink character recognition, optical data reader, atau optical character recognition reader), sensor (digitizing camera), voice recognizer (microphone).
    
      Alat input tidak lansung seperti keypunch yang dilakukan melalui media punched card (kartu plong), key-to-tape yang merekam data ke media berbentuk pita (tape) sebelum diproses oleh alat pemproses, dan key-to-disk yang merekam data ke media magnetic disk (disket atau harddisk) sebelum diproses lebih lanjut.
  • Keyboard
 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEipeBLEIuvIqbFGurq65WIXsPU8-F8y8nEA5LNp-Oqw8Y2K_oPbDjGP-6E7Hze_zW2_-6dbuS56qTr7zKZUjp07F1DdAWwwFeNjP_8vUZy5UgJ5TAE_X6VVuwD_-XJS-cVOLjSO4d0fHTw/s1600/keyboard-pc.jpg      Keyboard adalah papan yang terdiri atas tombol-tombol untuk mengetikkan/memasukkan teks pada komputer. Keyboard dihubungkan ke komputer dengan kabel yang terdapat pada keyboard. Ujung kabel tersebut dimasukkan ke dalam port yang terdapat pada CPU komputer.
  • Mouse
       Mouse adalah alat yang digunakan untuk menggerakkan kursor pada komputer. Mouse terhubung pada komputer dengan sebuah kabel yang ada di mouse. Ujung kabel tersebut dimasukkan dalam port yang terdapat di CPU komputer. Biasanya port mouse dan keyboard terdapat bersebelahan satu sama lainnya.
  •  Scanner
 
      Scanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Kebanyakan scanner dijalankan pada 1-bit (binary digit/angka biner), 8-bit (256 warna), dan 24-bit (lebih dari 16 juta warna). Jika kita membutuhkn hasil yang baik, maka dianjurkan menggunakan scanner dengan bit besar agar resolusi warna lebih banyak dan bagus.
  • Digital camera dan Webcam
 webcame    digital camera
       Dengan alat ini, untuk memasukan data berupa gambar apa saja dengan ukuran relatif cukup besar ke komputer terasa lebih mudah. Berbagai jenis gambar dapat ditransfer, mulai dari gambar statis atau foto maupun yang dinamis atau bergerak seperti video.
        Fungsi webcam sama dengan digital camera, namun bedanya webcam juga dapat digunakan untuk berbicara langsung secara online melalui koneksi internet sehingga lawan bicara dapat melihat wajah kita melalui layar monitornya.
  • Microphone
 
       Microphone adalah alat input yang digunakan untuk menginput suara. Ala ini menggunakan perangkat keras yang dinamakan sound card, yaitu bagian yang mengatur pengolahan suara agar dapat menerima input suara dan meneruskan ke ouput berupa speaker atau headset untuk mendengarkan hasil rekaman suara.
  • Barcode reader
 
       Barcode reader adalah alat yang bekerja seperti scanner, yakni memindai barcode sehingga barcode tersebut dapat dibaca oleh komputer.
  • Joystick
       Joystick digunakan untuk memasukan perintah pada saat kita menjalankan game komputer.
  • Trackball
 
       Trackball memiliki fungsi sama seperti joystick, yaitu untuk memasukkan perintah pada saat kita memainkan game komputer.
  • Touch screen
       Touch screen adalah alat masukkan yang memungkinkan kita memasukkan data maupun instruksi ke komputer melalui sentuhan.
 
2. Output Device
        Output device adalah alat yang digunakan untuk mengeluarkan hasil dari input device yang telah diproses terlebih dahulu. Output yang dihasilkan dibedakan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan (huruf, angka, simbol khusus), image (dalam bentuk grafik atau gambar), suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form).
Perangkat output dapat berupa:
  • Printer dan plotter 
  plotter
       Printer dan plotter termasuk jenis hard copy device, karna keluaran hasil proses di cetak di atas kertas.
Jenis-jenis printer:
1. Dot matrix printer
 
    Dot matrix printer adalah jenis printer yang menggunakan pita dan alat tulisnya berupa jarum, mirip dengan mesin ketik.

2. Inkjet printer
 
    Pinter yang menggunakan tinta cair yang disemprtkan ke atas ketas sesuai pola yang ditentukan oleh komputer.

3. Laser printer
 
    Jenis printer yang menggunakan tinta sebuk, serupa dengan mesin fotokopi. Diantara ketiga jenis printer tersebut, printer laser memiliki kualitas cetakan yang paling baik.
  • Monitor
 
       Monitor adalah salah satu jenis soft copy device, karena keluarannya berupa sinyal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil dilayar monitor.

3. Peralatan komunikasi
    Peralatan komunikasi adalah alat yang memungkinkan komputer untuk berkomunikasi dengan sebuah jaringan. Dapat berupa hardware dan software.
Peralatan komunikasi itu antara lain:
  • Network Card (LAN Card)
 
       Adalah sebuah perkakas hardware yang dirancamg untuk mengizinkan komputer berkomunikai dengan sebuah jaringan komputer.
  • Modem (Modulate Demodulate)
       Adalah alat yang memodulasi sinyal analog menjadi digital dan juga sebaliknya. Tujuan utamanya adalah untuk memproduksi sinyal yang dapat ditransmisikan dengan mudah dan informasi yang dikirim dapat dibaca dengan baik.
Secara fisik modem terbagi menjadi 3 jenis, yaitu:
1. Modem eksternal
 
    Modem yang terletak diluar komputer.
2. Modem internal
 
    Modem yang terletak didalam komputer.
3. PC Card
 
    Modem yang berbentuk kecil hampir menyerupai kartu.


Sekian dari saya, semoga bermanfaat. Terimakasih sudah membaca :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar