yuk dilanjutkan, cuuuus~
3. System calls
Sistem calls
menyediakan antarmuka antara proses (program yang sedang dijalankan) dan sistem
operasi.
Tiga metode umum yang digunakan dalam memberikan paramenter
kepada sistem operasi, yaitu:
-
Melalui printer.
-
Menyimpan paramenter dalam blok atau tabel pada memori dan
alamat blok tersebut diberikan sebagai paramenter dalam register.
-
Menyimpan paramenter (push) ke dalam stack (oleh program),
dan melakukan pop off pada stack (oleh sistem operasi).
Pada dasarnya system calls dapat
dikelompokan dalam 5 kategori sebagai berikut:
1. kotrol proses
- selesai, abort.
- load, eksekusi.
- membuat dan mengakhiri proses.
- mengambil dan mengeset atribut proses.
- menunggu waktu.
- wait event, signal event.
- alokasi dan pengosongan memori.
2. Manipulasi file
- membuat dan menghapus berkas
- membuka dan menutup berkas
- read, write, reposition
- mengambil dan mengeset atribut.
3. Memanipulasi device
- meminta device, melepaskan device
- read, write, reposition
- mengambil dan mengeset atribut
4. Infomation maintenance
- mengambil dan mengeset waktu dan tanggal
- mengambil dan mengeset sistem data
- mengambil proses, berkas atau atribut device
- mengeset proses, berkas atau atribut device
5. Komunikasi
- menciptakan, menghapus hubngan komunikasi
- mengirim dan menerima pesan
- attach atau detach remote device
- komunikasi dapat dilakukan melalui message passing atau shared memory.
Mekanisme komunikasi ditunjukan dalam
diagram berikut.
diagram mekanisme komunikasi |
4. Pemrograman system
Pemrograman system menyediakan lingkungan yang memungkinkan
pengembangan program dan eksekusi berjalan dengan baik. Kategori pemrograman system
yaitu:
Managemen atau manipulasi berkas dapat membuat, menghapus,
copy, rename, print, memanipulasi berkas, dan direktori.
Informasi status memuat tanggal, jam, jumlah memori dan disk
yang tersedia, jumlah pengguna, dan informasi tentang status lainnya.
Modifikasi berkas dapat digunakan untuk modifikasi isi
berkas.
Mendukung bahasa pemrograman seperti kompilator, perakit,
interpreter.
Loading dan eksekusi program seperti absolute loaders, relocate
bleloaders, linkage editors, overlay loaders.
Komunikasi dapat juga menyediakan mekanisme kom unikasi
antara proses, penguna, dan sistem computer yang berbeda. System program yang
paling penting adalah command interpreter (mengambil dan menerjemahkan
user-specified command selanjutnya).
5. Struktur system
a.
Stuktur sederhana
Dimulai dengan system yang kecil, sederhana dan terbatas
kemudian berkembang dengan cakupan original. Struktur system MS-DOS disusun untuk mendukung fungsi yang banyak pada
ruang yang kecil. Struktur system UNIX
terdiri atas dua bagian yaitu kernel (antarmuka dan device drivers) dan program
system.
b.
Pendekatan terlapis
Lapisan adalah
implementasi dari objek abstrak yang merupakan enkapsulasi dari data dan
operasi yang bisa memanipulasi data tersebut.
o
Lapisan paling bawah adalah perangkat keras.
o
Lapisan paling atas adalah antarmuka pengguna mikromekel.
Menyusun
sistemm operasi dengan menghapus emua komponen yang tidak esensial dari kernel,
dan level pengguna. Fungsi utamanya
untuk mendukung fasilitas komunikasi antara pogram klien dan bermacam-macam
layanan yang juga berjalan di user-space.
6. Mesin virtual
Mesin virtual mengambil pendekatan
terlapis sebagai kesimpulan logis. Mesin
virtual memperlakukan hardware dan system operasi seolah-olah berada pada level
yang sama sebagai perangkat keras. Virtual
memori dibuat dengan pembagian sumber daya oleh koputer fisik, yaitu:
·
Penjadwalan CPU bisa menciptakan penampilan seakan-akan
pengguna mempunyai processor sendiri.
·
Spooling dan system data bisa meyediakan virtual card
readers dan virtual line printers.
·
Sebuah time-sharing terminal user yang normal melayani
sebagaimana operator onsulat VM software membutuhkan ruang didalam disk untuk
menyediakan memoi virtual dan spooling, yaitu sebuah disk virtual.
7. System generation
System
operasi dirancang untuk dapat dijalankan pada sistemnya harus dikonfigurasikan
untuk setiap komputer. Program system mendapatkan informasi mengenai
konfigurasi khusus tentang system perangkat keras dari sebuah data, antara
lain:
·
CPU apa yang digunakan, pilihan yang diinstal.
·
Berapa banyak memori yang tersedia.
·
Peralatan yang tersedia.
·
System operasi pilihan apa yang diinginkan atau paramenter
apa yang digunakan.
·
Satu kali info diperoleh, bisa digunakan dengan berbagai
cara.
masih to be continued sih, tapi masih dalam proses. Terimakasih sudah membaca.. :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar